Empat Perkara Modal Amal


Seorang filosof dan sufi terkenal, Al-Ghazali ra berkata, “Janganlah kamu menjadi orang merugi (muflis) dalam amal-amal dan janganlah menganggur dalam setiap keadaan.” Perkataan itu bisa kita lihat dalam Nasehatnya kepada salah seorang murid generasi pertama. Kita bisa memikirkan secara filosofis hal-hal penting di balik sebuah amal manusia.
Dalam hal ini kita bisa bertanya,”Bisakah kita melakukan sebuah amal tanpa adanya tenaga? Bisakah kita melakukan sebuah amal tanpa adanya waktu? Bisakah kita melakukan sebuah amal tanpa adanya biaya? Dan bisakah kita melakukan sebuah amal tanpa adanya pengetahuan?” Jawaban dari semua pertanyaan itu adalah bahwa kita tidak mungkin melakukan sebuah amal tanpa adanya tenang, waktu, biaya dan pengetahuan.
Secara filosofis, Al-Ghazali mau mengatakan bahwa setiap amal manusia selalu membutuhkan empat perkara penting :
  1. Tenaga
  2. Waktu
  3. Biaya
  4. Pengetahuan.
Tapi harus diingat bahwa manusia jarang menyadari keempat perkara itu sebab nilainya terlalu kecil. Misalnya, orang berkata,”Apakah senyum di bibir itu membutuhkan biaya?”Jawabannya adalah bahwa senyum tetap membutuhkan biaya,  meski nilainya kecil dan cenderung tidak dirasakan.
Nah, kita bisa membayangkan sekarang jika kita melakukan sebuah amal dengan mengalokasikan tenaga, waktu, biaya dan pengetahuan tapi kita tidak mendapatkan hasil apapun, maka kita termasuk orang merugi sebab kehilangan tenang, biaya, waktu dan pengetahuan. Sebab itu pikirkanlah setiap tindakan kita dengan bijaksana sehingga kita tidak mengalami kerugian dalam hidup ini sebab melakukan berbagai amal.
(Oleh : Tim Sarkub Zaenal Abidin)



Simak di: http://www.sarkub.com/2012/empat-perkara-modal-amal/#ixzz2TFcrhLpV
Salam Aswaja by Tim Menyan United
Follow us: @T_sarkubiyah on Twitter | Sarkub.Center on Facebook

0 komentar: