Makalah IMAN KEPADA HARI AKHIR

Makalah Iman Kepada Hari Akhir

BAB I
PENDAHULUAN



Orang muslim meyakini Dunia mempunyai saat terakhir dimana dia terhenti adanya, dan mempunyai hari lain yang tidak mempunyai penghabisan, kemudian datanglah kehidupan kedua, yaitu hari lain dinegeri akhirat. pada hari tersebut, Alloh swt membangkitkan semua makhluk, mengumpulkan mereka semua kepadanya untuk dihisab, orang-orang baik dibalas dengan kenikmatan abadi di Surga, dan orang jahat dibalas dengan siksa yang menghinakan di Neraka. Itulah interprentasi yang harus kita yakini.
Hari kiamat didahului kemunculan tanda-tandanya, seperti kelurnya Al-Masih Ad-dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, turunya Nabi Isa as, keluarnya hewan besar kemunculan matahari dari barat dan tanda-tanda lainya, dilanjutkan dengan peniupan sangkakala kehancuran dan kematian, dilanjutkan dengan peniupan sangkakala kebangkitan dan berdiri dihadapan Alloh tuhan semesta alam, dilanjutkan dengan pembagian buku cacatan amal perbuatan. ada orang yang menerimanya dengan tangan kanan dan ada orang yang menerimanya dengan tangan kiri dilanjutkan dengan peletakan timbangan dilanjutkan dengan proses penghisapan (penghitungan), dilanjutkan dengan pemasangan titian, dan rentetan ini berakhir dengan menetapkan penghuni surga disurga, dan menetapnya penghuni neraka dineraka. orang muslim meyakini itu semua dengan dalil-dalil wahyu, dan dalil dalil akal.
Allah berfirman: ( Semua yang ada dibumi itu akan binasa. dan tetap kekal wajah tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan keuliayaan). Ar-rahman 26-27

Allah berfirman : (Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu [Muhammad], maka jikalau mati, apakah mereka akan kekal? tiap-tiap yang berjiwa akan mengalami mati. kami akan menguji kalian dengan kebaikan dengan keburukan sebagai cobaan [yang sebenar-benarnya]. dan hanya kepada kamilah kalian dikembalikan). Al-anbiya’ 34-35.
Alloh berfirman : ( Dan orang-orang kafir mengatakan, bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. katakanlah, tidak demikian, demi tuhanku, benar-benar kalian akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepada kalian apa yang telah kalian kerjakan. yang demikian itu mudah bagi alloh). Al-taghabun 7.
Dari dalil-dalil tersebut dapat dimaknai bahwasanya hari akhir pasti akan datang, dan semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian tanpa terkecuali. Selain itu hari akhir merupakan tragedi yang sangat mengejutkan seluruh makhluk jagad raya. Tidak akan ada yang tau kapan hari akhir akan datang karena itu termasuk rahasia alloh yang tidak dapat diketahui siapapun. kita sebagai umat islam wajib mengimaninya.
Rumusan Masalah
  1. Membahas pengertian hari akhir
  2. Membahas peristiwa sesudahnya
  3. Fungsi iman kepada hari akhir
  4. Balasan baik dan buruk

 
BAB II
IMAN KEPADA HARI AKHIR
1.  Pengertian Iman Kepada Hari Akhir
Iman , pengertian Iman menurut bahasa adalah “percaya/meyakini”.  Sedangkan Hari Akhir adalah dimana seluruh alam semesta akan hancur, dan ketentuan itu  sudah dirumuskan oleh alloh SWT. Jadi beriman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Alloh melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
Beriman kepada hari akhir termasuk salah satu rukun iman yang ke enam, kita wajib beriman pada suatu saat Alloh akan menentukan hari kiamat atau hari akhir, yakni hancurnya alam semesta tanpa ada yang ketingalan sedikitpun, sebagai awal adanya alam akhirat. Sesutu yang telah dijanjikan oleh Alloh pasti adanya firman Alloh dalam surat Al-Hajj ayat 7. Yang artinya : ( Dan sesungguhnya hari kiamat pasti akan datangnya dan bahwsanya Alloh membangkitkan semua orang didalam kubur).
Hari kiamat adalah hari kebangkian manusia dari kubur kemudian dihisab atau dihitung amal perbuatanya semasa hidupnya, amal baik memperolah balasan baik, sedangkan amal jahat memperoleh balasan siksa.  Pada hari itu merupakan hari penghisapan dunia yang sesudahnya tidak ada lagi dan sebagai awal hari akhirat yang ditunggu manusia, karena hari akhirat adalah hari kelanjutan dunia. kapankah hari kiamat itu ?
Sesugguhnya hanya Alloh yang maha mengetahui. Meskipun demikian, menurut hadits tanda-tanda hari kiamat dapat diketahui. diantara tanda-tanda hari kiamat dalah :
1.      Terbitnya matahai dari arah barat
2.      Keluarnya semacam binatang melata
3.      Turunya imam mahdi yang akan menegakan syariat islam di muka bumi
4.      Datangnya Dajjal, yakni mahkluk yang menghancurkan serta mmporak porandakan orang-oang yang beragama dan kebenaran agama. ia benar-benar tergolong sakti, misalnya, ia mampu mengambil ikan dilaut yang dalam hanya dengan tanganya dan dibakar dengan matahari yang jauh, mampu menghidupkan orang yang sudah mati,bahkan mampu membawa gambaran adanya surge dan neraka
5.      Turunya Nabi Isa as, untuk membinasakan Dajjal dan menegakan kembali syariat islam yang telah dibawa oleh Rosul saw.
Dalam Al-quran, hari kebangkitan kadang-kadang disebut, antara lain:
a.       Yaumul Qiamah (Hari Kiamat).
b.      Yaumuddin (Hari Pembalasan).
c.       Yaumul Hisab (Hari Pehitungan).
d.      Yaumu Zilzalah (Hari Kegoncanagan).
e.       Yaumu Nusyur (Hari dihalau/kebangkitan).
f.        Yaumul Ba’tsi (Hari Pembangkitan).
g.       Yaumul Jaza’ (Hari Balasan).
h.       Yaumul Fashal (Hari keputusan).
i.         Yaumul Khuld (Hari Kekal).
j.        Yaumul Wa’id (Hari Ancaman).
k.      Yaumul Hasarah (Hari Penyesalan).
Kedahsyatan hari kiamat mampu meluluhlantakan segala yang ada dialam semesta ini. Al-Quran telah memberikan gambaran dalam surat Al-qoriah ayat 1-4: yang artinya : (Hari kaimat, Apakah hari kiamat itu ?. Taukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihamburkan).
Setelah semua makhluk mati dan hancur, maka digantikanlah dengan alam lain yang baru sama sekali, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surat Ibrohim Ayat 48. yang artinya: (Pada hari itu bumi diganti dengan bumi lain, dan demikian pula langit diganti dengan langit yang lain. Mereka semuanya berkumpul (dipadang masyar) menghadap kehadirat Alloh yang maha esa lagi maha perkasa).
2.  Peristiwa Sesudah Hari Kiamat
a.      Masyar dan Hisab
Setelah kematian manusia, nanti akan dibangkitkan kembali tiupan sangkakala. Masyar adalah tempat berkumpulnya manusia yang dibangkitkan dari kubur  untuk berhenti dan menerima hisab (hitungan) amal baik atau buruk ketika hidup didunia. Ditempat itulah manusia akan betul-betul menerima keputusan yang  pasti . Manusia akan menerima kitab (cacatan) amal masing-masing melalui beberapa cara sesuia dengan kadarnya, antara lan :
1.      Ada yang menerima dengan tangan kanan, ini berarti kehidupan diakhirat akan memperoleh kesenagan surga.
2.      Ada juga yang menerima dengan tangan kiri, atau dengan kaki dan sebagainya, ini berarti sebagai tanda kesengsaraan
Semua amal yang akan dihisab atau dikoreksi secara rinci, tidak seperti hitungan atau keputusan manusia didunia yang kadang-kadang kurang tepat. Di pengadilan Alloh suci dari keslahan atau kekeliruan. Walaupun semua akan dihisab, namun ada satu amal yang paling pertama dihisab, yaitu SHOLAT. Sabda rosul, yang artinya : (permulaan yang dihisab dari sesorang hamba alloh pada hari kiamat dalah solatnya).
b.      Shirot
Shirot adalah jembatan yang terletak diatas neraka menuju surga, dan semua orang yang akan melalui nya. Suatu riwayat menerangkan bahwa shirot itu panjang sekali jaraknya, tajamnya tutjuh kali lipat dari pisau yang paling tajam, sekecil-kecilnya rambut dibelah menjadi tujuh, dan di setiap pos terdapat sebuah hambatan yang hendak menarik ke neraka bagi orang yang berdosa.
c.       Surga dan Neraka
Surga adalah suatu tempat yang penuh dengan kesenangan dan kesenangan didalamnya, membahagiakan dan mensejahterakan , segala yang diminta secepatnya akan terwujud yang selamanya tidak pernah mengecewakan , dan barang siapa yang ada didalam nya akan kekal disana. Firman Alloh dalam surat AL-bayyinah ayat 8: yang artinya : ( Balasan merek ada disisi tuhan ialah surga ‘Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Alloh ridho terhadap mereka dan merekapun ridho kepanya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang-orang yang takut kepada tuhanya).
Adapun neraka adalah tempat penyiksaan. Neraka merupakan tempat pembalasan alloh terhadap orang-orang yang durhaka kepadanya. Orang yang masuk didalamnya berbeda-beda, ada yang kekal dan ada pula yang sementara.
3.  Fungsi Iman Kepada Hari Akhir
  1. Berlaku seimbang antara urusan dunia dan akhirat.
Sebagai orang yang briman, sudah barang  tentu menghendaki kebahagiaan didunia dan akhirat. Usaha untuk meraih kebahagiaan hidup didunia  diperlukan sekali adanya perjuangan keras dan pengorbanan. Adapun usaha untuk mencapai kebahagiaan diakhirat, wajib bagi kita melaksanakan segala perintah alloh dan meninggalkan segala yang dilarangnya.
  1. Harapan mempeoleh keadilan yang hakiki
Pada dasarnya keadilan yang hakiki adalah keadilan tuhan di akhirat nanti. Masing-masing manusia akan mempertanggung jawabkan amal perbuatanya. Orang yang teraniyaya akan melihat orang yang menganiyaya dan tidak dapat terlepas dari pengadilan Alloh SWT.
  1. Mencegah orang berbuat maksiat
Alloh menciptakan segalanya serba dua, siang dan malam, laki-laki dan perempuan, dunia dan akhirat, pahala dan siksa.keduanya semata-mata untuk  menguji dan membedakan bagi orang-orang yang beriman dan orang yang tidak beriman. Kalau kita mau menginsyafi bahwa dihadapan alloh nanti tidak seorang pun yang terhindar dari kewajiban mempertanggungjawabkan segala amal perbuatan, maka kita harus berusaha keras menjauhkan dri dari perbuatan-perbuatan  maksiat dan cenderung memperbanyak amal kebajikan. Firman Alloh yang artinya : (Dan adapun orang-oang yang berat timbanaganya (kebaikan), maka dia dalam kehidupan memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbanganya (kebaikan), maka tempatnya adalah neraka hawiyah). Al-Qoriah ayat 6-7.
4.  Balasan Baik dan Buruk
Bagaimanakah balasan Alloh terhadap orang-orang yang beriman dan beramal sholeh?. kebahagiaan dan kesenangan adalah merupakan balasan bagi orang-orang  beriman dan beramal sholeh. Sebagaimana firman Alloh, yang artinya : (Dan sampaikan lah berita gmbira kepada merek yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga yang mengalir sungai-sungai didalamn ya. Setiap mereka diberi risky buah-buahan dalam surge-surga itu, mereka mengatakan : “inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu. Mereka diberi buah-buahan yang serupa untuk mereka didalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal didalamnya”). Al-baqoroh ayat 25.
Adapun balasan orang orang yang berbuat buruk dan durhaka, maka akan mendapat balasanya jua. Firman Alloh yang artinya; (Dan adapun oang-orang yang ringan timbanganya maka tempat kembalinya adalh neraka Hawiyah. Tahukah kamu apa neraka Hawiyah itu? ialah api yang menyala-nyala.). Al-qoriah ayat 8-11.




BAB III
KESIMPULAN
a.       Iman kepada Hari Akhir adalah meyakini dan mempercayai bahwasanya hari akhir pasti akan tiba yang sesuai dengan keterangan-keterangan Alloh melalui firman-firmanya dalam Al-quran.
b.      Tanda-tanda hari akhir:
-         Matahari terbit dari arah barat
-         Turunya Imam Mahdi
-         Datangnya Dajjal
-         Turunya Nabi Isa AS
c.       Peristiwa sesuda hari akhir
-         Adanya masyar dan hisab.
-         Shirod (jembatan).
-         Surga dan Neraka
d.      Fungsi iman kepada HariAKhir
-         Berlaku seimbang antara urusan dunia dan akhirat
-         Harapan mempeoleh keadilan yang hakiki
-         Mencegah orang berbuat maksiat
e.       Balasan orng taqwa, sabar dan beramal sholeh adalah Surga, sedangkan balasan orang yang  berbuat dosa adalah Neraka.





Daftar Pustaka
  1. ABU BAKAR JABIR Al-JAZAIRI,Ensiklopedia muslim minhajul muslim, Islam kaffah.2003
  2. Drs.H. Mahmud Suyuti, Pendidikan agama islam, sahabat ilmu, kurikulum 1994


Posted : 02 December 2013
By : Pakdhe Keong



3 comments:

Archive